Proxmox release 8.0

Proxmox mengeluarkan versi terbaru

Pada tanggal 22 Juni 2023 kemaren Proxmox release 8.0 dengan berbagai macam fitur yang menarik seperti menggunakan kernel yang terbaru (versi 6.2 stable) serta beberapa update QEMU 8.0.0, LXC 5.0.2, ZFS 2.1.12 dan CEPH Quincy 17.2.6

Beberapa fitur utama yang sudah disematkan pada proxmox release 8.0 adalah

Repository CEPH terbaru dimana CEP Quinch memungkinkan untuk dijalankan dan manajemen storage dari cluster node serta lebih mudah untuk instalasi dan manajemen dalam infrastruktur Hyper-Convergence. Untuk para subscriber dari proxmox bisa memanfaatkan repository versi stable yang tersedia.

Authentication Realm Sync Jobs dimana sinkronisasi user dan grup untuk yang terhubung pada LDAP (baik LDAP linux maupun LDAP Microsoft Active Directory) hal ini dapat dikonfigurasikan secara otomatis dan ini memungkinkan untuk dilakukan secara otomatis juga.

Network Resources untuk SDN juga tersedia di prxmox release 8.0 ini dimana bisa menggunakan model ACL untuk melakukan akses yang ada baik bagi segmentasi network bridges dan virtual network untuk user dan grups yang ada.

Resources Mapping antar resources yang ada, seperti PCI(e) USB devices, dan nodes dalam proxmox VE dapat dibuat dan dimanajemen dengan menggunakan API.

Secure lockout untuk Two-Factor Authentification (TOTP) juga tersedia untuk meningkatkan keamanan untuk user yang terlalu banyak salah login (kasus brute force) dimana ketika user banyak mengalami kesalahan ketika login maka akan secara otomatis di kunci secara otomatis dalam 1 jam. Jika kondisi TOTP di nonaktifkan untuk user tersebut maka administrator dalam melakukan unblock.

Text based Installation (TUI) untuk instalasi berbasis iso dimana instalasi dengan menggunakan mode text bisa dilakukan. Terutama pada instalasi server yang memiliki keterbatasan resources.

x86-64-v2-AES Model adalah CPU default ketika sebuah vm dibuat melalui interface web.

Untuk artikel berikutnya akan dibahas bagaimana caranya melakukan upgrade dari Promox VE versi 7 ke dalam versi 8. Namun sebelum proses upgrade dilakukan, sangat disarankan untuk membuat backup konfigurasi proxmox versi 7 anda.

Selamat mencoba.