Bagaimana cara install cPanel di Server ? sangat mudah, hanya dengan melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu dan mengeksekusi sebuah perintah maka kamu sudah bisa mendapatkan server dengan aplikasi manajemen cPanel. Perlu diingat bahwa cPanel itu memiliki dua bagian, yang pertama adalah cPanel WHM (Web Host Manager) dan cPanel End User.

cPanel WHM (Web Hosting Manager)

adalah interface yang biasa digunakan untuk melakukan manajemen server, seperti mengelola user (menambah, mengedit dan menghapus), kemudian melakukan penambahan paket hosting, mengatur fasilitas yang diberikan user, melakukan upgrade server dan masih banyak lagi lainnya.

cPanel End User

adalah interface yang biasa digunakan oleh user untuk mengelola akun hostingnya, contohnya adalah untuk melakukan upload file dengan file manager, menambah database, menambahkan subdomain, mengakses email dan masih banyak fitur lainnya yang disediakan oleh WHM.

Persiapan sebelum instalasi

Ingat bahwa cPanel ini memerlukan satu server sendiri (bisa dalam bentuk dedicated maupun dalam bentuk vm (virtual machine) untuk lisensinya juga berbeda sesuai dengan bentuk dari servernya. Perlu juga diketahui bahwa ketika jumlah user sudah melebih dari 100 user maka akan dihitung berdasarkan jumlah usernya.

Sebelum melakukan instalasi persiapkan sebuah server dengan OS (Operating System) x86 bisa berbasis intel maupun amd. Untuk Os yang bisa digunakan adalah CentOS, RHEL, AlmaLinux, CloudLinux, Rocky Linux dan Ubuntu.

Untuk resource juga memerlukan jumlah core CPU minimal 1 (clock speed 1.1Ghz) dan memory sebesar 1-2GB sedangkan untuk kapasitas storage adalah 20 GB (rekomendasi 40GB) untuk penempatan user pada partisi /home disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk service yang harus dimatikan ketika akan melakukan instalasi adalah :

  • SELinux
  • NetworkManager

Untuk syarat instalasi lainnya adalah tersedianya aplikasi download bisa menggunakan wget ataupun menggunakan curl. Pastikan juga aplikasi perl juga terinstall dengan baik

#yum install perl
#yum install curl
#yum update

Semua perintah diatas memastikan bahwa prasyarat untuk instalasi cPanel sudah tersedia. Jika memang semuanya sudah ok maka bisa langsung menjalankan perintah berikut ini

cd /home && curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest && sh latest

Untuk lama instalasi tergantung dari spesifikasi server yang ada dan tipe storage yang digunakan. Semakin banyak core dan tinggi clock speed dari server yang digunakan kemudian tipe storage menggunakan HDD, SSD maupun SSD tipe Nvme. Satu lagi juga adalah koneksi yang digunakan pada server.

Selamat melakukan instalasi server cPanel.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam cara install cPanel di server, maka kami bisa membantu