Mungkin kita pernah merasakan bahwa latop atau pc yang kita gunakan terasa sangat lemot, kita merasa kepo sebenarnya apa sih yang membuat lemot itu ? apakah ada aplikasi yang jalannya memang sangat berat dan membutuhkan resource banyak, ataukah terinfeksi oleh virus. Demikian juga dengan sistem operasi linux, biasanya sebuah server hosting yang digunakan untuk melayani aplikasi yang kita tanam. Sebenarnya kita bisa melakukan monitoring process linux dengan menggunakan htop.

htop adalah salah satu utilitas wajib bagi kamu yang suka menggunakan sistem operasi linux, sama seperti kita menggunakan aplikasi taskman pada sistem operasi windows. Di dalam aplikasi htop terdapat semua informasi aktivitas yang ada di dalam pc / laptop / server sehingga kita bisa mengetahui aplikasi ini menggunakan utilitas CPU, RAM berapa.

Berikut ini adalah contoh tampilan dari tools htop

monitoring process linux htop

Pada gambar diatas banyak sekali informasi yang bisa kita baca, diantaranya adalah proses apa saja yang sedang berjalan pada server linux. Penggunaan CPU, RAM, Aplikasi apa dan perintah apa yang sedang dijalankan.

Untuk kondisi server linux sendiri juga di informasikan diatas seperti total CPU yang dimiliki, jumlah RAM yang ada, kondisi load saat ini berapa, sampai dengan informasi berapa lama server sudah online.

Jika ingin lebih detail kita bisa fokus pada salah satu user apa saja yang sedang dijalankan, sampai dengan status proses yang dijalankan sedang berjalan ataukah stuck (proses yang tidak berjalan lagi tetapi masih tercatat disebut dengan zombie)

Sebenarnya ada dua utilitas, top dan htop untuk top diprioritaskan untuk melihat informasi sistem secara global berbeda dengan htop yang menginformasikan secara details. htop ini banyak digunakan karena memang lebih mudah dan bisa diakses lewat terminal pada sistem operasi linux. Utilitas lain yang mirip dengan htop dengan GUI (Graphic User Interface) bisa menggunakan netdata (akan dibahas dalam artikel lain)

Perlu diingat untuk bisa menjalankan monitoring process linux htop ini memerlukan beberapa library seperti sensors, hwloc, libpcap dan libnl-3 selain itu juga memerlukan standar compiler dari GNU seperti autoconf, automake dan autotools) plus ncurses.

Untuk instalasi htop ini sangat mudah, bagi kamu yang menggunakan linux berbasis rpm bisa menggunakan perintah

#yum install epel-release
#yum install htop

Jika menggunakan ubuntu bisa menggunakan perintah

#sudo apt install htop

Selamat menggunakan htop!