Tips memilih provider hosting
Tips memilih provider hosting

Ketika anda terjun ke dalam dunia internet, apalagi mengambil hobi suka menulis (blogger) atau bahkan anda adalah seorang jurnalis, tentunya anda memerlukan sarana untuk menempatkan hasil tulisan anda pada sebuah provider hosting. Yuk mari kita simak tips memilih provider hosting yang baik.

Hosting yang besar / punya nama belum tentu memiliki layanan yang baik. Kenapa saya berkata begitu ? karena sudah banyak sekali contoh provider hosting yang memiliki nama besar, iklan bertebaran dimana-mana tetapi kenapa layanannya tidak seperti yang diinginkan. Simple saja, sebuah perusahaan yang besar dimana memiliki customer yang banyak tentunya juga memerlukan effort yang sangat besar juga baik dari sisi resource maupun dari sisi support. Hal inilah yang biasanya tidak sebanding antara satu dengan yang lainnya.

Terkadang provider hosting yang kecil dengan jumlah customer yang tidak besar malah bisa memberikan layanan maksimal kepada pada customernya. Ini karena mereka untuk ketersediaan supportnya sangat memadai dan tidak overload.

Pilihlah provider hosting yang sudah lama exist. Biasanya provider hosting lama lebih mumpuni jika dibandingkan dengan provider hosting yang baru karena dari sisi pengalaman lebih banyak serta dengan tetap existnya provider hosting tersebut membuktikan bahwa provider tersebut dapat melalui semua ujian sebuah perusahaan (biasanya 1-2 tahun perusahaan baru akan kolaps) karena sering kali bermasalah di sisi manajemen (baik keuangan maupun sumber daya).

Cermati website dan sistem billingnya. Sebuah provider hosting yang baik pasti akan mencantumkan semua informasi baik layanan hosting, term of services, bagaimana menghubungi supportnya dan informasi lainnya. Salah satu yang paling penting adalah cermati pada bagian website dimana biasanya sebuah jasa/produk akan memberikan manual / informasi atau biasa dikenal dengan istilah Knowledge Base. Disitu kita bisa membaca petunjuk seputar tentang layanan hosting dari a sampai dengan z. Jika sebuah provider hosting tidak memiliki hal yang satu ini, maka bisa dipastikan bahwa layanannya kurang bagus.

Domain provider jasa hosting ini perlu juga dicermati, karena domain adalah identitas dari provider hosting maka jika dilihat dari sisi masa berlakunya domainnya masih panjang maka bisa dipastikan bahwa layanan ini akan terus berlanjut berbeda dengan jika masa berlaku domainnya hanya sampai 1-2 tahun kedepan patut dipertanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *