Share
iRedMail Logo

Setting iRedMail Outlook Express

  • July 20, 2023

iRedMail adalah salah satu aplikasi mailserver yang banyak digunakan, karena memang memiliki fungsi sebagai mail server dan memiliki beberapa fitur yang cukup baik seperti webmail, proteksi spam, dashboard admin dan beberapa fitur pro lainnya (namun berbayar). Nah bagaimana cara Setting iRedMail Outlook Express agar bisa nyambung ?

Apa itu iRedMail ?

iRedMail adalah salah satu mail server berbasis Open Source yang bisa dijalankan di berbagai macam distro linux seperti CentOS Stream, Rocky Linux, Alma Linux, Ubuntu Linux, FreeBSD, OpenBSD yang dibangun mulai dari tahun 2007.

Beberapa fitur dari iRedMail yang cukup bagus diantaranya adalah

Privacy dimana email diletakkan pada sebuah server (yang anda miliki) dimana tidak ada orang lain atau organisasi lain yang bisa melihat. Berbeda dengan email berbasis google apps, microsoft exchange yang dimiliki oleh perusahaan dimana memungkinkan untuk bisa melihat apa isi dari email anda.

Open Source semua komponen dari iRedMail adalah open source dimana dibangun oleh komunitas yang solid berbasis linux/BSD yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

Secure by default dimana setelah iRedMail diinstall maka secara default email server anda akan aman, karena sudah di setting sedemikian rupa agar aman, menggunakan SSL baik untuk webmail maupun komunikasi emailnya dan untuk password sudah menggunakan SSHA512 atau BCRYPT (BSD).

Webmail tersedia juga pada iRedMail sehingga ketika anda membutuhkan membaca email melalui browser maka tinggal membuka browser dan login dengan user akun email anda maka sudah bisa membaca dan mengirimkan email.

Calendars/Contacts/ActiveSync adalah fitur andalan pada iRedMail seperti email premium pada umumnya, anda bisa menggunakan fitur ini dengan iRedMail.

Unlimited Accounts anda dapat membuat akun email untuk banyak orang, tidak dibatasi oleh jumlah sehingga lebih hemat.

Masih banyak fitur iRedmail lainnya yang akan diulas lainnya pada artikel di website ini.

Bagaimana cara konek IredMail dengan Outlook Express

Setelah anda memiliki account email pada iRedMail anda bisa melakukan koneksi dengan menggunakan berbagai macam email client seperti Android, Outlook Express, Thunderbird dan email client lainnya. Berikut ini adalah cara untuk mengakses email dengan menggunakan Outlook Express.

Persiapkan alamat email anda (lengkap dengan format username@domain) serta password anda.

Untuk outlook express anda bisa menggunakan format POP atau IMAP untuk bisa terkoneksi dengan iRedMail

Outlook Express IMAP

Tampilan di atas adalah setting IMAP pada Outlook Express, beberapa baris diatas perlu diisi dengan informasi tentang email anda.

Email address : diisikan dengan alamat email anda secara lengkap (username@domain)
IMAP username : diisikan dengan alamat email anda secara lengkap (username@domain)
IMAP password : diisikan password email anda
IMAP Incoming Server : disiikan alamat nama mailserver iredmail anda
SMTP username : sama dengan alamat email anda (biasanya otomatis terisi)
SMTP password : sama dengan alamat email anda (biasanya otomatis terisi)
SMTP Outgoing Server : diisikan alamat nama mailserver iredmail anda

Jika sudah terisi semua, tekan tombol Add Account dan kemudian Outlook Express akan melakukan testing. Dan Jika berhasil maka anda akan segera dapat melihat email yang ada di iRedMail pada Outlook Express Anda

Troubleshooting

Jika anda gagal melalui tes, nanti akan diinformasikan oleh Outlook Express bagian mana yang tidak berhasil, biasanya hanya pada pemilihan SSL certicate (bisa menggunakan AUTO, STARTTLS atau menggunakan SSL) selebihnya tidak akan menjadi masalah

Selamat menggunakan Outlook Express