NIP Interaction to Next Paint

NIP Interaction to Next Paint adalah satu parameter yang akan dikenalkan google akan datang untuk menggantikan FID (First Input Delay) pada bulan maret 2024 dimana parameter ini akan mengukur seberapa responsive ketika sebuah laman diakses.

Termasuk juga beberapa komponen seperti menu drop down, mouse over dimana semua interaksi yang melibatkan user dalam membuka sebuah laman website. INP adalah sebuah ukuran latensi dimana akan mengukur interaksi antara user dengan laman tersebut.

Penggunaan web browser google chrome menunjukkan bahwa sebanyak 90% user ketika membuka laman website akan menunggu beberapa saat sebelum laman tersebut terbuka sepenuhnya dimana ini adalah parameter yang diukur dan disebut dengan NIP Interaction to Next Paint.

Responsivness adalah kecepatan ketika semua laman dibuka, baik gambar, menu, ketika mouse melewat sebuah objek. Seperti juga pada penggunaan ajax pada website ini akan sangat berpengaruh ketika data masih belum ditampilkan ketika user membuka laman tersebut.

Bagaimana penilaian NIP Interaction to Next Paint

Google Search Console memberikan label “good” atau “poor” ketika pengukuran responsivness dilakukan, dimana kamu akan diajak untuk meningkatkan kualitas responsivness. Untuk pengukurannya sendiri berdasarkan 75% ketika sebuah laman di buka oleh user.

INP dengan load dibawah 200 miliseconds dianggap good sedangkan untuk load antara 200 miliseconds sampai dengan 500 miliseconds dianggap anda perlu memperbaiki responsiveness laman anda. Sedangkan diatas 500 miliseconds dianggap responsivness anda tidak bagus.

Beberapa aspek yang dinilai oleh Google adalah :

  • Click dengan mouse
  • Menekan device dengan menggunakan touchscreen
  • Menekan tombol atau objek yang ada pada laman website

Apa perbedaan dari FID dengan NIP

Untuk NIP adalah total keseluruhan dari interaksi pada laman website sedangkan untuk FID hanyalah menilai ketika sebuah laman website itu di buka (load) dan tidak ada penilaian lebih detil seperti pada NIP. Jadi bisa dikatakan bahwa NIP lebih akurat (karena menilai secara keseluruhan) jika dibandingkan dengan FID yang hanya menilai ketika sebuah laman di buka, tidak lebih.