Share
Google Analytics Bounce Rate

Google Analytics Bounce Rate

  • March 25, 2023
Google Analytics Bounce Rate
Google Analytics Bounce Rate

Google Analytics Bounce Rate adalah suatu ukuran yang diberikan oleh Google ketika seorang pengunjung membuka laman sebuah website. Ukuran yang diberikan adalah mulai dari 0% sampai dengan 100% jadi nilai yang ada bisa bervariatif. Ketika sebuah laman website memiliki bounce rate dengan nilai prosentasi mendekati 100% maka bisa dipastikan bahwa pengunjung website tersebut tidak berlama-lama di laman tersebut. Demikian pula sebaliknya.

Bounce Rate di website banyak yang mendekati 100%

Ketika score bounce rate yang diberikan oleh google analytics pada laman website anda mendekati 100% berarti laman anda tidak menarik pengunjung, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor :

  • Informasi yang ada di laman tersebut tidak menarik bagi pengujung, segera perbaikin konten pada laman tersebut. Usahakan informasi yang ada pada laman tersebut menarik untuk dibaca, informatif dan tidak bertele-tele. Untuk jumlah kata minimal 300 kata serta memiliki beberapa heading yang mudah untuk dibaca dan dipahami.
  • Akses ke dalam laman tersebut lama, bisa jadi ketika laman tersebut dibuka oleh pengunjung laman tersebut lambat sehingga mengakibatkan pengunjung merasa tidak puas maka ia akan segera meninggalkan laman tersebut. Untuk mempercepat laman website anda, jangan menggunakan gambar atau video yang otomatis berjalan ketika dikunjungi sehingga menyebabkan laman tersebut lambat ketika dibuka. Gunakan bantuan cache atau CDN agar laman tersebut cepat ketika diakses.

Banyak faktor selain yang disebutkan diatas yang menyebabkan bounce rate tinggi, sehingga kunjungan pada website kamu tidak banyak. Gunakan metode E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness) dalam membuat laman yang menarik. Buatlah seakan-akan kamu memang menguasai topik yang dituliskan pada laman tersebut, tambahkan beberapa solusi yang memang proven berhasil dalam tulisan anda.

Tambahkan informasi reputasi anda dalam informasi yang anda tulis seperti link facebook, linkedin, dan beberapa endorse yang memuat bahwa kamu memang menguasai topik tersebut. Jangan sekali-sekali memberikan informasi atau petunjuk yang tidak memberikan solusi, karena pengunjung lainnya akan juga memberikan dampak negatif pada laman kamu.

Dengan mengikuti petunjuk diatas saya yakin Google Analytics Bounce Rate pada laman website anda akan segera turun dan pengunjung laman website kamu akan merasa senang.