Cara merubah password cms wordpress

Ketika kita lupa akan password login ke dalam cms (Content Management System) dengan menggunakan wordpress, kita bisa menggunakan beberapa cara seperti menggunakan fitur lupa password lewat email, kemudian cara mengganti password langsung lewat database. Nah kali ini akan kita bahas Cara reset password wordpress lewat database yang biasanya menggunakan fitur phpmyadmin.

Untuk melakukan reset password (dengan cara memberikan password baru dan yang lama ditimpa) maka akan memerlukan akses ke dalam database (bisa menggunakan aplikasi phpmyadmin) dimana jika menggunakan platform hosting seperti cPanel maka akan ada aplikasi tersebut.

Reset Password pada cPanel dengan menggunakan phpMyAdmin

Langkah pertama adalah dengan login pada cPanel hosting kemudian silahkan mencari pada bagian database (aplikasi phpMyAdmin) kemudian silahkan membuka aplikasi tersebut.

phpMyAdmin cPanel

Kemudian selanjutnya akan tampil tampilan aplikasi phpMyAdmin yang menunjukkan semua database yang ada pada akun cPanel kita. Silahkan pilih database yang digunakan oleh cms wordpress kita, dan akan tampil beberapa tabel pada database wordpress.

Cari tabel dan rubah passwordnya

Kemudian carilah tabel yang mengandung nama “users” kemudian bisa klik edit pada baris yang mengandung username yang telah kita buat sebelumnya pada saat instalasi cms wordpress.

Jangan lupa untuk memilih fungi MD5 dan isikan password anda pada kolom bagian “value” kemudian silahkan klik “Go” untuk mengeksekusi perintah tersebut.

kolom password pada tabel database wordpress

Setelah itu bisa bisa mencoba login dengan username dan password yang baru pada cms wordpress kita.

Cara ini bisa kita gunakan jika memang fitur reset password pada laman login wordpress tidak berfungsi dikarenakan memang dari pihak hosting tidak memperbolehkan untuk mengirimkan email, atau bisa jadi fungsi email server pada server sedang mengalami kerusakan.

Jika hosting tidak menggunakan panel seperti cPanel atau directadmin, maka harus melakukan instalasi aplikasi phpMyAdmin terlebih dahulu untuk bisa mengakses database yang ada di server. Jika tidak menggunakan phpMyAdmin agak sulit untuk bisa merubah password dengan menggunakan console mode pada database MySQL.